Apakah yang dimaksud dengan Propagasi DNS

Buat anda yang baru membeli domain tentunya bingung karena domain baru anda setting dnsnya tak bisa anda akses tentunya hal ini akan membuat tanda besar, kenapa dan kenapa seperti lagu bertanya-tanya hehehe,,, nah untuk menjawab pertanyaan akan hal ini saya coba terangkan apa yang dimaksut atau pengertian dengan Propagasi, artikel ini saya sambung dengan artikel yang sudah saya publikaikan tentang Cara Setting Custom domain TLD. Berikut saya jelaskan sedikit pengertian tentang Propagasi DNS.

Info yang menyangkut tentang letak suatu domain atau homepage akan tercatat pada tabel DNS atau bisa namakan nama server. Record inilah yang akan diperbarui setiap Internet Service Provider (ISP) untuk melakukan setiap penyesuaian terhadap perubahan atau tambahan informasi pada lokasi homepage atau domain tersebut. Perubahan dari record tersebut yang dinamakan propagasi. sedikit mengerti tentunya...
Apakah yang dimaksud dengan Propagasi DNS-blog kang miftah
Propagasi atau perubahan record biasanya memakan waktu kurang lebih selama 24-72 jam. Selama periode propagasi domain ini, ada kemungkinan bahwa pengunjung yang ingin mengunjungi situs anda akan masuk pada situs/website lain (situs anda yang baru di server atau yang lama di server sebelumnya). Setelah langkah ini semua proses perpindahan telah selesai dan tentu informasi telah lengkap maka dinyatakan proses transfer telah selesai.

Setelah melalui tahap itu domain anda akan segera dapat diakses dengan domain anda yang baru. hal ini akan terjadi apabila anda mengubah pada nameserver pada domain anda, sehingga membutuhkan proses yang tersebut diatas. Untuk hal-hal ini tentu saja tidak semua orang yang mengakses domain anda akan sama hasil nya, karena setiap ISP (Internet Service Provider) berbeda untuk menanggapi respon record baru untuk domain anda. Kadang di tempat anda sudah teresolve dengan benar dan bisa dipanggil dengan nama domain anda, kadang ditempat lain masih belum bisa dipanggil sesuai dengan nama domain nya. atau bahkan sebaliknya, harap jangan cemas dengan masalah ini, berdoa agar prosesnya lancar hehehehe...

nah itulah penjelasan tentang Propagasi DNS semoga anda sudah paham dengan penjelasan diatas, namun sebelum beranjak untuk meninggalkan halaman ini alangkah baiknya anda baca juga cara memilih domain yang baik, semoga artikel ini juga membantu anda untuk memilih domain yang berkriteria sempurna, baik pengunjung website anda umunnya khususnya menjadi brand website anda.

1 komentar:

  1. Propagasi DNS memang lebih lama, jika menggunakan IP Dedicated bisa mengakses blog menggunakan IP tersebut, mungkin untuk mengonfigurasi blog, memasang CMS dsb. :)

    BalasHapus