Cara Kerja dan Memperbaiki Power Supplay AC Matic

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengenalkan satu rangkaian yang mungkin anda sudah mengetahuinya, biasanya rangkaian alat yang satu ini digunakan untuk menyetabilkan arus listrik dari PLN, misalnya di pakai pada Televisi, Changes Handphone, dan banyak lagi. Alat yang satu ini bernama Power Supplay AC Matic. Keunggulan  dari power supply ac matic pada bentuknya yang lebih simple dan bisa menghasilkan arus tegangan listrik lebih besar dan lebih stabil, mungkin anda sudah tidak asing mendengar alat yang satu ini, nah untuk fungsinya Power Supplay AC Matic mungkin saja anda belum paham betul berikut ini definisi fungsi dari AC matic
Power Supplay AC Matic - Blog Kang Miftah

Fungsi dan Cara Kerja Power Supplay AC Matic

Fungsi utama AC matic adalah untuk menurun tegangan dari arus listrik PLN, pada dasarnya AC Matic digunakan untuk menurunkan tegangan listrik serta menyetabilkan arus listrik yang akan masuk ke komponen rangkaian elektronik. anda bisa melihat benda ini berada di dalam televisi, radio changes Hp dan rangkaian elektronikk modern lainnya.

Cara Kerja AC Matic: Power supplay AC Matic pada umumnya menggunakan transistor regulator yang berfungsi untuk pengontrol utama. Selanjutnya teganganyang dihasilkan akan diolah dan dikeluarkan melalui trafo output yang di searahkan oleh diode, selanjutnya akan di filter oleh capasitor elektrolit untuk menghasilkan tegangan output lebih halus. Selain berfungsi untuk menghaluskan output, Rangkaian AC matic juga mempunyai fungsi untuk umpan balik melalui optocoupler, yang mempunyai fungsi utama untuk menyetabilkan arus tegangan. Sistem ini sangat diperlukan karena arus tegangan listrik dari PLN sering kali naik turun (tidak stabil). Sehingga tegangan yang keluar dari AC Matic akan mendekati stabil.

Cara Memperbaiki Power Supplay AC Matic

  • Kita mulai cek kondisi AC Matic dari kabel power AC, Untuk lebih efektif cara cek kondisi AC Matic anda bisa menggunakan AVO Meter, setelah anda cek namun ternyata kabel AC dalam kondisi baik lanjutkan untuk Cek fuse atau sekering pada AC Matic (fuse akan anda temui pada jenis AC Matic yang memang dibutuhkan).
  • Kemudian memastikan bagian blok yang mungkin rusak biasanya pada rangkaian input trafo atau bisa juga di rangkaian outputnya. Untuk langkah mempermudah anda untuk cek kondisi AC Matic anda bisa cek terlebih dahulu pada outputnya dengan cara melepas beban dan pastikan dahulu bahwa kondisi diode penyearah dalam keadaan normal. 
  • Pada Televisi atau monitor TV silahkan lepas dahulu rangkaian 12Vdan B+. Jika tegangan muncul berarti bisa kita pastikan kerusakan bukan pada blok power supply AC Matic. Namun jika tegangan tidak keluar, kerusakannya mungkin terjadi pada trafo input. 
  • Bagian yang sering kali rusak pada AC Matic adalah pada diode zener, FET atau transistor regulator, dan pada elco (kondensator) tegangan tinggi. jadi anda bisa pastikan ada bagian-bagian ini dalam keadaan normal, jika memang tidak normal anda bisa menggantinya dengan komponen yang lain dengan nilai yang sama.
Itulah cara mudah untuk memperbaiki rangkaian Power Supplay AC Matic dengan mudah serta mengenal dasar-dasar ac matic berdasarkan fungsi dan cara kerja dari pada AC Matic, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

3 komentar:

  1. Aslkmwrwb. Lama tak berkunjung ke laman kang Miftah, gimana kabar sekeluarga? Infonya menarik tapi saya belum punya alat AC Matic itu sendiri... Tapi gak apa-apa udah tambah ilmu... Makasih sharenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumslam wr wb. alhamdulillah baik dan sehat semua,
      terimakasih kunjungannya mas zain,, telah meluangkan waktu berkunjung... sekedar berbagi pengalaman saja mas zain mungkin saja ada yang berminat untuk belajar memperbaiki ac matic

      Hapus
  2. output tdak keluar...aq cek input saat aq cabut steker,,ternyata tegangan tersimpan pada elco 450v...aq konsletkan antar kaki elko langsung craacckk...solusinya sobbb...

    BalasHapus