Cara Optimasi Custom Domain TLD di Hostinger

Beberapa waktu yang lalu saya ditanya tentang custom domain TLD yang awalnya tanpa www.itu bagaimana? sebenarnya trik ini mudah saja kalau kalian baca ketentan dari google tentang Cname Record. pada dasarnya domain TLD haruslah memakai www. namun saya coba browsing ke berbagai website bahasa asing ternyata bisa contoh yang bisa kalian lihat kalau domain yang saya pakai tanpa www. namun memakai blog. awalnya, ide ini aku terinspirasi ketika mengunjungi blog kang ismed. tentu buat pecinta tutorial blogspot tahu beliau ini sang pengembang widget paling digemari untuk saat ini.
Cara Optimasi Custom Domain TLD di Hostinger-blog kang miftah
Dengan ide tadi saya iseng-iseng saja pesan domain pakai rekening paypal siapa tahu bisa, eh ternyata bisa, karena paypal lagi minta di limited jadi tak ada salahnya buat beli-beli yang seperti ini hehehe. untuk pesan domainnya saya pakai hostinger, sebab apa? karena hostinger menyediakan domain international dan domain lokal dan juga kita mendapatkan hosting gratis plus email gratis dengan nama domain kita. untuk cara memesannya silahkan buka halaman Beli Domain lewat Rekening Paypal.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan domain kita dihostinger. nah ini pertanyaam yang akan saya jawab, namun sebelumnya alangkah baiknya kalian pesan dulu agar lebih afdhol cara prakteknya hehehe. klik aja disini untuk memesan. langsung saja ya, anggap saja kalian sudah memesan domainnya. 

1. kalau domain sudah kalian pesan kita tunggu dulu proses pointingnya selesai dulu biasanya memakan waktu agak lama. untuk mempercepatnya silahkan pesan pada jam-jam kerja agar cepat penanganannya, kalau pesannya malam tentu saja akan lama nunggu sampai jam kerja, ok...lanjut kalau sudah domain dipointing dan siap dipakai, kita tidak bisa langsung memakainya namun kita disuruh untuk hosting dulu. disini kita pilih yang gratis saja karena kita host di blogspot bukan di hostinger, kalau main di wordpress atau jombla tentu kita harus pakai hostingan. untuk prosesnya gak akan lama silahkan pilih menu navigasi yang berada diatas, pilih HOSTINGAN. klik order hosting baru, nanti klik yang gratis. kalau sudah mempunyai hosting langkah berikutnya buka blogspot.

2. buka menu setting yag berada di blogspot. kalau sudah pilih Dasar klik tambah domain. 

3. di kolom tambah domain ini silahkan masukka domain yang tadi kalian beli, nah poinnya berada disini, kalain ingin masukkan awalan dengan www. atau kalian ganti, sebagai contohnya :
catatan.nasywa.web.id
Domain TLD ini buka subdomain loh ya,,, nanti dikira subdomain. kalau nantinya awalnya catatan seperti contoh diatas, nanti subdomainnya awalanya harus pakai catatan juga. contohnya
catatan.buku.nasywa.web.id
jadi tetap memakai level domainnya. kalau awalnya www. pasti subdomain juga www ikuti subdomai.domain begitu seterusnya. nah sampai disini saya kira sudah paham tentang level domain. anggap saja kalian sudah memasukkan domain pada kolom yang sudah tersedia langkah selanjutnya silahkan klik simpan
4. Glodak,,,, hehehehe,,, Pada situs web pendaftar domain Anda, cari setelan Sistem Nama Domain (DNS) dan masukkan dua CNAME. kira-kira pesannya seperti ini, nah kalian mempunya teks record yang nantinya kita setting ke penyedia domain keduanya terlihat seperti ini :
catatan                                        ghs.google.com
mzl7libnv2ie                              gv-ndgpvkthr6izvo.dv.googlehosted.com

5. langkah selanjutnya buka hostiger >> cari DNS Zone Editor, kemuadian masukkan kode record host ini ke CNAME (alias)
Host                                            Diarahkan Ke :
catatan                                        ghs.google.com
mzl7libnv2ie                              gv-ndgpvkthr6izvo.dv.googlehosted.com

6. kalau sudah kalian simpan langkah selanjutnya, kalau sobat melihat domain kalian disitu silahkan hapus saja. kemudian masukkan A Host Record dari google dibawah ini, tepatnya diatas sendiri ingat untuk host pakai kode (@) kemudian Arahakan ke masukkan kode dibawah ini :
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
masukkan satu persatu kalau sudah sekarang silahkan simpan.

7.  kembali ke blogger. kalau sudah siap semuanya sekarang coba kaian simpan dan lihat hasilnya. kalau kalian mengikuti cara yang benar tentu saja akan berhasil namun kalau kalian masih bingung silahkan komentar dibawah, nanti akan saya bantu settingnya.

kalau sudah refresh halaman blogger dulu kemudian buka kembali klik pada edit silahkan centang pada "domain diarahkan ke" proses ini dinamakan redirect. kalau domain kalian gak di redirect besar kemungkinan pengunjung atau robot teks akan menentukan hanya satu domain yaitu domain yang kalian setting saja. atau kalian bisa redirect domain melalu Hostinger melalui menu Domain > pilih pengaturan kemudian silahkan isi sendiri redirect ke domain kalian. 

dari kesemua arikel ini saya anggap sudah jelas tentang cara setting custom domain di hostinger untuk cara memakai fasilitas lain dihostinger kita bahas dilain waktu dan tentu dikesempatan yang berbeda pula. kalau ada kendala silahkan komentar dibawah. dan perlu saya garis bawahi semua cara setting domain semua dilayanan penyedia domain hampir sama.

4 komentar:

  1. saya dulu ingin pakai blog krn saya juga tertarik melihat blog.kangismet, tapi saya gak tau caranya akhirnya saya pakai www aja, hehehe :d

    makasih sharingnya mas x-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mbak berkenan,,, mbak bisa merubah mbak,, :-) namun lebih saya katakan kalau sudah bertrafik baik dengan www. mending diteruskan saja mbak karena google webmaster domian kayak yang saya pakai bukan domain tingkat atas,,, :>)

      Hapus
    2. optimasi SEO gimana kang miftah untuk blog custom Domain TLD? apakah relatif lebih sulit jika masih asli ada blogspotnya? trims www.i-asuransi.com

      Hapus
    3. sebenarnya sama saja, soal perform untuk blogspot sbenarnya buat saya kurang gregetan, namun untuk wp yang masih shared hosting mending pakai blogspot. karena shared hosting untuk masalah perform masih baik blogspot. itu pendapat saya pribadi

      Hapus