4 Langkah Yang Harus Di Lakukan Setelah Ganti Domain

Buat sobat yang mungkin sudah mengganti domain tentu saja hal ini harus segera dilakukan, dan sangat perlu sekali agar domain yang kita beli cepat terindex terutama untuk trafik segera dipulihkan kembali, saya bilang jangan sampai kalian abaikan langkah ini, baik yang sudah punya isi/konten website ataupun yang belum punya isi atau artikel. terus terang setiap kali saya mengganti domain langkah ini langsung saya terapkan agar domain baru beli cepat di index oleh mesin pencari. berikut ini langkah yang harus kalian lakukan sesudah setting domain, untuk cara setting domain baca artikel saya Cara Optimasi Custom Domain TLD

4 Langkah Yang Harus Di Lakukan Setelah Ganti Domain-blog kang miftah
Ok,kita lanjunt ke pokok permasalahannya kita awali dengan :

1. Silahkan Veryfikasi Lagi ke Webmaster

silahkan daftarkan domain anda ke webmaster agar robot teks segera crawling laman website anda, lakukan pendaftaran ulang baik di webmaster Google atau Bing. silahkan ambil kode Veryfikai dari webmaster. kalau sobat tak ingin mencopot kode Verifikasi yang sudah tertanam di template sobat bisa manfaatkan DNS, lakukan dengan memberi record baru biasanya recordnya di TXT, 
nama domain atau @ = untuk  Host
kode verifikasi = diarahakan ke 
ini aku ambil dari DNS Zoner dari hostinger.kalau DNS lain biasanya untuk @ dengan nama domain kalian, itu pengalaman saya yang sudah saya lakukan di beberapa domain yang sudah saya beli. yang terpenting kalau kalian bingung dengan maslah DNS kalian bisa pakai Verifikasi manual yaitu mengambil kode META kemudian copot META yang sudah tertanam ganti dengan yang baru. saya kira langkah ini sobat sudah paham.

2. Verifikasi lagi untuk meta Alexa.com

Pastinya kalau domain sudah berubah untuk alexa blog kalian NOL data. nah sesegeralah untuk mendaftarkan kembali domain yang sudah kalian beli. saya tegaskan, kalian jangan kecewa kalau domain yang baru maka alexa akan NOL. tunggu sampai 1 atau 2 minggu angka alexa kalian akan ramping drastis sesuai blog yang sudah kalian ganti.

3. Buat Sitemap Baru di Webmaster.

nah langkah ini sangat penting sekali agar blog kalian cepat terindex di webmaster, lakukan submite sitemap ke semua webmaster yang pernah sobat daftarkan, untuk submite baik sitemap google atau sitemap bing.

4. Buat Artikel Baru

Update artikel segera sesudah mengganti domain Poin ini sangatlah perlu sekali agar blog kita cepat terindex dan tips ini sudah saya lakukan dan ternyata jitu untuk menangani trafik akibat pergantian domain, walaupun hasil pencarian sudah redirect ke domain baru.

4 poin diatas sangatlah penting sekali yang harus kalian lakukan untuk megganti domain, untuk yang lainnya seperti feedburner tidak akan terpengaruh dengan pergantian domain, trafik akan tetap kayak semula.  nah mungkin hanya 4 Langkah diatas yang harus di lakukan setelah mengganti Domain. biarkan dulu sampi benar-benar robot text mengcrawling blog sobat, kira-kira sekitar 2 minggu lakukan pengecekan kembali ke webmaster

12 komentar:

  1. ..baru berencana ganti domain, tapi ilmunya udah dapet dari sini nih.
    makasih ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih kembali bos... salam kenal :>)

      Hapus
  2. thanks, blognya kangmiftah emang lengkap, bisa menjadi panduan untuk pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimkasih banyak mas hermawan sudah sudi mampir ke gubug saya,,, :)

      Hapus
  3. mas mau tanya nich saya baru ganti domain ke TLD apakah di alexa nya harus mengganti link site yang baru atau yang berdomain blogspot langsung rubah saja ke domain TLD yang baru ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap saja harus verifikasi lagi ke alexa....

      Hapus
  4. terima kasih mas infonya, saya juga kaget ko index google, bing dan alexa saya tiba2 n/a setelah ganti domain. tips di atas tadi langsung saya pratekkan. Tks ( :

    BalasHapus
  5. Tipsnya sangat bermanfaat, saya lagi nyari-nyari referensi antisifasi setelah ganti domain, agar bisa antisifasi thanks gan

    BalasHapus
  6. oh ya, mau tanya apakah setelah ganti domain blogspot menjadi "www nama anda dot com", di webmaster kita perlu hapus "nama anda blogspot dot com" nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah juga gpp mas,,, yang penting sudah kirim sitemap di webmaster

      Hapus
  7. (h) trus masalah link apa broken link

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dimaksud itu bagaimana ya,,, apakah ganti domain plus pindah hosting atau bagaimana ?

      Hapus