Cara kerja Dioda pada Rangakaian Elerktronik

Dioda atau Diode merupakan salah satu rangkaian elektronik berkeja sebagai pernyarah muatan listrik yang tadinya bermuatan arus bolak balik tapi setelah adanya dioda maka arus bolak balik tadi menjadi searah. dioda sendiri sangat berfungsi pada rangakaian elektronik seperti, Amplifer, TV, Radio, Lampu Hemat Daya dan banyak lagi, hampir semua rangkaian elektronik menggunakan dioda karena seperti fungsinya bahwa dioda sangat di butuh sekali dalam pembuatan elektronik.

Dioda terbentuk dari penggabungan Katoda (P) dan Anod (N) kedua bahan ini kemudian di gabungkan dengan menggunakan geranium elektron yang akhirnya menjadilah dioda. Simbol yang di gunakan untuk mengetahui dioda adalah panah, kalau sobat pernah melihat ataupun sudah pernah menggunakan MCB rakitan tentu saja sudah tidak asing lagi, bahan yang di pakai oleh dioda hampir sama dengan transistor (TR) namun fungsinya jelas saja berbeda. kerja dioda sangat simple sekali di mana jika arus AC atau arus bolak balik masuk pada dioda maka akan terjadi yang dinamakan hole, hole inilah yang nantinya akan membawa arus AC atau ke arus DC atau searah. 
Cara kerja di Dioda pada Rangakaian Elerktronik-blog kang miftah
Prinsip Kerja Dioda yang lebih detail bahwa di dioda di ciptakan untuk membawa arus AC ke DC bisa di bayangkan kalau kerja dioda ini sangat berat harus mengubah arus bolak balik menjadi searah dengan prinsip kerja forword bias, arus bolak balik atau AC akan masuk ke dioda biasanya tanda dari satuan ini adalah P dan untuk mengubah dengan sempurna atau hasilnya di beri satuan N. inilah sebenarnya yang terjadi dengan prinsip dalam sekian detik kita tidak akan tahu bagaimana kerja dioda sesungguhnya.
Cara kerja di Dioda pada Rangakaian Elerktronik-blog kang miftah
Jika sobat keliru dalam menempatkan atau merangkai dioda ini maka dioda tidak akan berfungsi maka dari itu dioda untuk outpun akan di tandai gelangan putih dan bagi dioda zenier di beri gelangan hitam untuk membedakan output dari dioda sendiri.

Itulah ulasan saya tentag dioda dan cara kerja dioda pada rangkaian elektronik, semua proses kerja dioda sangat singkat dan akurat hingga menciptakan arus searah atau DC. semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar