Berada di manakah Kekuatan Seo Sebenarnya

Setelah beberapa hari menganalasi dari beberapa website saya dan ber-eksperiment dengan beberapa trik ternyata kekuatan SEO itu memang ada, dan kalau dulu sering kali orang mengira dan beberapa pakar seo mengatakan bahwa kekuatan seo berada pada backlink berkualitas dan natural. lantas anggapan ini menjadi salah satu acuan untuk para blogger untuk mencari backlink sebanyak-banyaknya hingga akhirnya pada awal bulan 2014 google mengatakan bahwa beberapa backlink sudah tidak akan menjadi prioritas lagi, dan terbukti bahwa google menindak tegas yang namanya Guest Blogging. nah lalu apa yang di cari google kalau memang backlink sudah menjadi efektif ? sampai sekarang para pakar seo masih mengkaji soal ini. dan dalam kesempatan yang berbeda tepatnya pada tanggal 29 agustus 2014 google resmi mengatakan bahwa untuk authorship pada hasil pencarian resmi di hapus. dan berita-berita dan info-info bahwa google pada tahun ini akan terus memperbarui semua algoritmanya sesuai kehendaknya. kapan ini berakhir? kita tidak tahu kapan ini berakhir.
Berada di manakan Kekuatan Seo Sebenarnya-blog kang miftah

Dan pada bulan Mei kemarin google update algoritma panda. dampaknya semua blog atau situs yang tidak mempunyai kekuatan konten (konten tipis) di lahap mentah-mentah dan menghilang dari serp. ini salah satu fenomena yang sangat mengejutkan. selanjutnya pada bulan juli kemarin google memperbarui webmaster dengan menambahkan uji coba render, pengujian robot txt dan yang terakhir penambahan tag hreflang pada setiap halaman yang bertujuan untuk mengidentifikasi bahasa pada blog atau situs.

Beberapa perubahan belum juga berakhir sampai pada akhir bulan juli google resmi mengatakan bahwa google sedang menjalankan program barunya yaitu google pigeon. yang katanya algoritma pencarian ini berfokus pada hasil pencarian lokal saja. namun dampak yang di peroleh dari beberapa orang dalam hasil belum di rasakan. benarkah? sebenarnya sudah namun kitanya saja yang tidak tahu bahwa algoritma ini sudah berjalan.

Pada awal agustus google resmi mengatakan tentang SSL enkripsi atau lebih di kenal dengan istilah HTTPS. yang akan berdampak pada SEO. dan hasil pencarian. di balik ini semua kita tidak tahu namun yang pasti untuk situs-situs besar sudah menggunakan program ini. yang nyatanya yang saya lihat sendiri belum ada perubahan secara signifikan. namun tentunya akan bekerja dengan baik.

Itulah perubahan-perubahan yang sudah kita lampau baik sadar dan tidak sadar, sekarang kita kembali ke topik tentang kekuatan SEO sebenarnya. kita akan bahas lagi dari gejolak algoritma hummingbird yang jelas nyata hasilnya konten yang hanya di lakukan untuk robot bot di tindas dan di lahap habis dari hasil pencarian. di teruskan pada algoritma panda yang hanya mengukur kekuatan konten tidak berfokus pada backlink yang tinggi. dan pada akhirnya kekuatan SEO sebenarnya hanya pada konten dan cara optimasi seo onpage. kenapa pada konten seo onpage saja? saya akan jelaskan di bawah ini:

Kekuatan SEO pada Konten

Seperti yang sudah saya katakan bahwa google untuk sekarang masih mencari celah untuk membuang situs yang tidak mempunyai kredibilitas tinggi. kenapa demikian? karena google hanya ingin konten di sajikan untuk para pengguna tidak untuk robot. perubahan demi perubahan di lakukan pada tahun 2014 dari celah celah ini sebenarnya sudah di rencanakan oleh google. mulai dari cara update algoritma, menghilangkan Authorship dan mengangkat situs yang mempunyai SSL enkripsi. jelas sekali kalau google hanya ingin semua website berfokus pada konten dan kredibilitas situs. jadi kekuatan situs yang benar adalah pada konten. dan untuk mengantisipasi dan jika anda ingin mengikuti semua peraturan google sudah sepatutnya anda membuat konten yang lebih baik lagi dari pada sekarang.

Kekuatan SEO pada On Page

Yang kedua tentang kekuatan seo on page di manakah letaknya? setelah google mengatakan resmi bahwa google tidak lagi menggunakan meta tag rel author google masih mengatakan bahwa google masih menggunakan meta tag schema.org. perlu anda ingat bahwa meta tag ini sangat berfungsi kembali untuk memberitahukan kepada robot bot tentang tag-tag yang penting. robot bot akan kesulitan untuk mengindeks konten jika meta tag ini tidak anda tanamkan pada template. dan perlu anda tahu bahwa kekuatan seo pada on page itu sangat berpengaruh sekali untuk robot bot. ketepatan dan kecepatan crawling dari robot bot sangat menentukan posisi website anda di serp.

Yang kedua ciptakan kecepatan loading blog anda karena google akan mengabaikan website atau blog anda yang berat di muat, selain akan mengurangi traffic pengunjung, google sendiri tidak menyukai website yang berat di muat. inilah kekuatan seo sebenarnya. 

Untuk backlink sendiri merupakan hal yang tidak begitu penting untuk google dan sekarang ini namun untuk mendapatkan domain authority dan page authority tentunya backlink mempunyai kekuatan seo lagi terutama untuk seo off page. tips yang paling aman dan bisa anda gunakan adalah memuat konten serta fokus pada keyword itu letak dari strategi seo pada tahun ini, entah untuk tahun depan kita belum tahu namun yang pasti kalau kita ingin mendatangkan traffic dari google kita harus mengikuti perkembangan google, namun jika anda fokus kepada hasil pencarian lainnya silahkan tidak ada larangan untuk anda untuk mendapatkan traffic.

2 komentar:

  1. Artikel yang mantabz kang, saya pribadi gak lulus-lulus belajar SEO, dengan baca postingan Kang Miftah paling gak aga sedikit mudeng deh... Matur Thanx

    Salam dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya dan semoga bermanfaat

      Hapus