Cara Memperbaiki Compresor AC

Sering kali kita mengeluh tentang Compresor AC yang macet tiba-tiba karena kemungkinan memang compresor tidak bekerja optimal atau karena sebab lain. AC salah satu kebutuhan yang sering di gunakan untuk mendinginkan ruangan, banyak sekali pengguna AC baik kalangan menengah sampai atas, jadi bisa di bilang kalau AC bukan lagi barang yang mewah. sebagai tukang service AC tentunya anda di tuntut untuk lebih memahami kerusakan yang mungkin terjadi pada AC, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips tentang perbaikan Compresor AC yang sering kali menjadi kendala buat anda service AC, berikut ini langkah yang tepat untuk memperbaiki AC dari beberapa cara:
Cara Memperbaiki Compresor AC-blog kang miftah

1. Fin Kondesor atau Out Door kotor
penyebab utama pressure Freon akan meningkat hingga ampere compressor ikut naik dan apabila ampere compressor melebihi standart maka compressor AC pun akan cepat mengalami over temperature atau kerusakan. untuk caranya bersihkan unit out door dan in door secara rutin. dengan begitu maka fin kondesor akan bekerja lebih optimal.

2. Cek Compresor AC Termal 1
Yang menyebabkan compresor AC bekerja berat karena freon pada termal satu sudah habis, sedangkan permintaan pada energi masih saja berlangsung, untuk mengatasi hal ini cari titik kebocoran sebelum anda menambahkan freon karena ancap kali orang tidak mengetahui kalau ada kebocoran. untuk itu cek sambungan pipa sambungan pada neple, penyebabnya bisa jadi karena kurang kencang atau karena pleringan melipat, tanda-tandanya ada banyak bekas oli pada sambungan tersebut.

3. Cek Compresor Termal 2
Pada compresor termal dua yang sering kali menjadi keluhan adalah voltage drop sehingga ampere meningkat, untuk solusi yang tepat yaitu pasang stabilizer tegangan. karena daya yang tidak stabil kemungkinan akan mengganggu pada alat-alat elektronik lainnya.

4. Kerusakan Sering Pada Compresor
Sering kali compresor AC rusak, kenapa demikian? karena biasanya pemasangan kondensor lebih tinggi dari evaporator yang menyebabkan oli akan cepat turun dan oli akan sulit kembali ke kondensor, sehingga hal yang umum kerusakan akan terjadi pada AS compresor karena akan cepat aus dan sering macet. untuk itu pasang AC yang sebenarnya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. dan apabila di paksa-kan tanpa ada penanganan maka bisa di pastikan compresor akan macet dan lebih parahnya akan terbakar.

5. Compresor Tidak berfungsi
Sering kali keluhan yang mangatakan bahwa compresor macet atau mati total beberapa kemungkinan bisa teradi karena banyaknya penumpukan kerak oli pada kelep untuk itu bersihkan kerak tersebut untuk caranya lepaskan compresor dari unit, kemudian buang semua oli dari compresor. kemudian bersihkan oli pada compresor dengan menggunakan R11, selanjutnya tembak compresor dengan menggunakan R22 agar kerak dan kotoran pada compresor bisa keluar. putar compresor dengan posisi putar terbalik sampai tiga kali (caranya tukar terminal kapasistor).
Jika gulungan pada motor sudah terbakar sebaiknya anda membeli compresor yang baru, ini langkah terakhir jika memang sudah lagi langkah-langkah di atas tidak bisa memperbaiki compresor AC. demikian tips dari saya semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar