Beberapa Penyebab Power Amplifier Berdengung

Seperti yang sudah kita katahui bahwa audio amplifier adalah salah satu rangkaian elektronik yang sudah tidak menjadi barang istimewa lagi, Amplifier bisa dinikmati baik kalangan atas dan kalangan bawah, nah bicara tentang amplifier tentunya anda jika mempunyai amplifier sangat risih ketika power amplifier anda berdengung, semakin anda menambahkan volume maka mungkin saja akan menambah daya dengung yang luar biasa, biasanya kasus ini bisa terjadi jika kita mulai belajar untuk membuat amplifer, bagi yang prefesional tentunya hal ini bisa diatasi dengan mudah. perlu anda ketahui bahwa penyebab utama amplifier berdengung adalah
  1. Kerusakan pada Komponen Rakitan
  2. Sistem Grounding yang tidak normal
  3. Cara meletakkan Komponen Rakitan
  4. Catu Daya yang mungkin saja tidak bagus
  5. dan yang terakhir adalah Kabel yang anda gunakan
Beberapa Penyebab Power Amplifier Berdengung
Dari lima hal ini mungkin saja penyebab Power Amplifier Berdengung. Lantas bagaimana untuk mengatasi hal ini, berikut ini akan saya perjelas langkah yang tepat untuk mengatasi hal-hal diatas:

Kerusakan pada Komponen Rakitan

Yang pertama biasanya sering kali terjadi karena komponen pada rangkaian yang sudah rusak, Penyebab kerusakan ini mungkin saja terjadi hubungan singkat atau faktor dari penyoderan yang mungkin saja lama, jadi imbas-nya temperatur pada solder mempengaruhi kinerja komponen tersebut dan langkah yang tepat adalah dengan pengecekan ulang dengan menggunakan AVO Meter. kompenen yang sering kali rusak adalah Transistor, Dioda, Kapasistor dan Resistor. ketiga komponen ini sering kali mengakibatkan Rangkaian Amplifier berdengung.

Sistem Grounding yang tidak normal

Sistem gorunding pada amplifier biasanya langsung berada pada body amplifier dan kebanyakan terjadi mereka pemula tidak tahu untuk menerapkan grounding yang tepat. untuk mengatasi hal ini biasanya body atau box amplifier terbuat dari seng atau alumunium, semua ini diharapkan agar sistem grounding pada rangakaian amplifier bisa stabil dan tidak menimbulkan suara dengung.
Dan satu penambahan lagi, untuk mengatasi dengung biasanya pada service elektronik selalu meng-grounding potensioner dengan cara men-solder body potensioner menggunakan kabel yang terhubung dari arus min atau negatif. ini salah satu trik untuk mengatasi amplifier berdengung.

Cara meletakkan Komponen Rakitan

Untuk cara ini memang mempunyai efek yang luar biasa karena jika anda salah menempatkan atau meletakkan rakitan elektronik yang tidak tepat tentu akibatnya akan berdengung. perlu di garis bawahi untuk rangkaian tone control jangan pernah anda dekatkan dengan trafo karena banyak yang salah dengan cara ini yang mengakibatkan amplifier berdengung. untuk cara yang lain, misalnya rangakaian sound system yang terpisah dengan mixer ini berbeda lagi caranya.

Catu Daya yang mungkin saja tidak bagus

Sebaiknya sebelum anda merakit amplifier sebaiknya periksa tegangan trafo, karena jika tegangan trafo tidak stabil bisa jadi rangkaian amplifier yang anda buat akan berdengung. untuk itu pastikan bahwa arus dari Trafo stabil, selain itu, periksa trafo mungkin saja ada kebocoran yang mungkin saja membuat arus bertambah besar tidak seperti biasanya.

Pemilihan Jenis Kabel yang anda gunakan

Usahakan untuk pemilihan kabel untuk rangkaian harus tepat dan semestinya. misalnya kabel stereo yang mempunyai tiga kabel utama yaitu untuk L(putih), R(merah) dan kabel grounding (kabel serabut) yang dijadikan satu. pemilihan kabel yang tepat tentunya tidak akan mengakibatkan amplifier yang anda rakit tidak berdengung.

Itulah beberapa penyebab dari Berdengung-nya Power Amplifier. namun yang perlu anda perhatikan untuk membuat amplifier adalah pengecekan komponen yang tepat sebelum anda memulai untuk membuat power, itulah tips dari saya semoga membantu untuk menyelesaikan permasalahan anda.

0 komentar:

Posting Komentar