Kata-kata optimasi SEO kedengarannya sudah tak asig lagi buat sobat blogger. namun apakah tips SEO ini sudah pada paham belum? jujur saja aku sendiri sampai sekarang ini masih bingung dengan namanya SEO. namun aku selalu berusaha memaahami terus dan terus apakah SEO itu.
demi belajar Optimasi SEO sampai-sampai aku belain nulis artikel Optimasi SEO Onpage pada Web/Blog agar saya lebih paham apa itu SEO onpage. intisari dari Optimasi SEO atau Search Engine Optimization onpage adalah suatu istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang saudara lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website. Tujuan utama dari optimasi ini adalah memperbaiki faktor-faktor SEO onpage agar mesin pencari mendapatkan penekanan kata kunci yang benar dari suatu halaman.
terus kenapa Optimasi SEO onpage ini dilakukan? mungkin banyak yang tanya tentang istilah ini. nah ini jawabannya Supaya mesin pencari tidak bingung saat tiba di halaman-halaman blog saudara. Untuk memudahkan sobat memahaminya kita umpamakan saja seperti ini:
ada begitu banyak orang di dalam sebuah lapangan, saudara tidak akan bisa membedakan yang mana orang penting dan yang mana orang biasa jika mereka memakai seragam kan?
Nah, oleh karena itu dikembangkan sistem atribut. Siapa yang mengenakan atribut jabatan tertinggi, maka dialah yang terpenting, sudah mulai pahamkan dengan keterangan diatas. lantas langkah apa saja yang harus ditempuh agar SEO onpage dapat optimal?
kita pakai Sistem atribut yang dipakai oleh Google untuk menentukan, apa saja penekanan dari sebuah halaman web, Mungkin sekarang sobat bertanya apa saja atribut seo onpage itu?
Atribut Dalam Optimasi SEO Onpage
berikut ini adalah atribut optimasi onpage yang umumnya digunakan:- Title tag
- Meta Description
- URL
- Judul Halaman <h1>
- Judul Artikel <h2>
- Sub Judul Dalam Artikel <h3>
- Cetak tebal/miring <b> atau <i>
- Jika ada gambar, maka harus ada atribut alt
saya akan coba membahas masalah onpage ini. Sebelum kita mulai silahkan buka halaman web yang akan saudara nilai onpagenya.... Kalau sudah terbuka, tekan CTRL+U untuk membuka kode sumber dari halaman web tersebut.
SEO ONPAGE TERTINGGI <head> ADA DI TITLE TAG
Ini hanya ada di bagian <head>, dan kodenya adalah
<title>Isi dari title tag</title>
<title>Isi dari title tag</title>
Harap hati-hati dalam mengisi title tag, karena banyak praktisi SEO yang menganggap bahwa title tag adalah atribut onpage yang terpenting. Ibaratnya atribut kerajaan, maka ini adalah mahkotanya
Cara terbaik untu title tag adalah dengan menggunakan kata kunci dan panjangnya tidak lebih dari 70 karakter. Perlu sobat ketahui bahwa semakin di depan kata itu, maka poinnya akan sangat tinggi Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:
JUDUL ARTIKEL saja, atau
JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG
Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL. Kecuali blog sobat sudah punya reputasi tinggi dimata Search Engine
META DESCRIPTION
Ini adalah satu-satunya meta yang menjadi fokus saya (meta robots hanya pada kasus duplikat konten saja). Meta description ini harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
- Panjangnya maksimal 150 karakter.
- Tidak mengulang suatu kata lebih dari dua kali.
- Tentu saja mengandung kata kunci tertarget di bagian-bagian awal.
Kalau sobat masih bingung masalah title tag dan meta description, dalam penerapannya di blogspot, bisa baca artikel cara memasang title tag dan meta description. Sekali lagi, ini memegang poin tertinggi di <head> jadi jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini.
URL
URL yang baik itu seharusnya berisikan domain/tahun/bulan/judul_artikel kalau pada Blogspot, untuk web lain silahkan aplikasikan sendiri Sebagai contohnya adalah seperti di bawah ini:http://giga-watt.blogspot.com/2012/10/tips-untuk-menghemat-listrik-prabayar.html
Jadi setiap bagian dengan jelas berisikan kata kunci yang jelas. Sayangnya masih banyak orang yang menyia-nyiakan URL dan membuat URL yang tidak jelas seperti di bawah ini....
http://www.contohsaja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988
URL seperti di atas tidak mengandung keywords, dan benar-benar menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage.
POIN TINGGI OPTIMASI ONPAGE PADA <body> ADA DI JUDUL HALAMAN <h1>
Judul halaman sudah tentu diupayakan mengandung kata kunci yang sobat targetkan, karena bagaimana pun <h1> haruslah berisi kata terpenting pada halaman tersebut. Ini juga yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman.
JUDUL ARTIKEL <h2>
Judul artikel kita beri tag h2. Pernah ada yang bertanya apakah nilai onpage tidak berlebih jika judul artikel sama dengan judul halaman? Tentu tidak, karena judul halaman itu h1, dan judul artikel itu h2. Jadi walaupun isinya sama, tapi untuk setiap heading pemunculannya hanya sekali, lagipula selama ini dalam aplikasinya sama sekali tidak ada masalah.
SUB JUDUL DALAM ARTIKEL <h3>
Ini bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari pembahasan sobat.
CETAK TEBAL/MIRING
Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi onpage. Tapi tidak perlu semuanya, cukup pemunculan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dari halaman tersebut.
ALT TAG
Berhubung Google dkk belum bisa mengenali gambar, maka cara terbaik memberitahu Google apa isi dari gambar adalah menggunakan alt tag. Ini termasuk salah satu teknik onpage, karena tujuan utama dari sebuah halaman web adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pembacanya, dan terkadang informasi itu dapat berupa gambar. silahkan baca artikel Optimasi Gambar Agar Terindex di mesin pencari.
nah mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan buat sobat tentang Optimasi SEO Onpage pada Web/Blog. semoga artikel ini memberi motivasi yang baru untuk sobat. happy blogging semoga sukses.
0 komentar:
Posting Komentar