Seo Onpage : Data Struktur Pada Templat Blog User

Banyak sekali templat blog yang ditawarkan oleh para blogger, namun ternyata masih ada templat blog yang tidak user hal ini bisa kalian lihat pada data struktur yang diambil oleh webmaster, untuk melihatnya sobat bisa membuka webmaster disisi kiri atas ada menu Tampilan Penelusuran > Data struktur, di situ kita akan lihat apakah templat kalian benar-benar user atau belum, untuk membuat templat yang user sangat mudah saja namun sekali lagi untuk para blogger yang masih awam kalian harus paham dulu isi dari pada templat yang akan kalian terapkan. beberapa templat blog mungkin tidak user, hal ini sering saya jumpai di berbagai templat yang disediakan oleh para pembuat blog. hal yang harus anda perhatikan adalah :

Penempatan Meta Tag

Meta tag sangat penting sekali karena meta tag merupakan struktur data yang pertama kali dirayapi oleh robot bot. untuk itu carilah templat yang mempunyai meta tag, kalau sobat belum paham apa itu meta tag sobat bisa lihat di postingan Cara Membuat Meta Tag Spind SEO Friendly situ sudah lengkap semua meta tag yang harus kalian terapkan kalau belum tahu baca terus ada panduannya untuk menerapkan mata tag tersebut.

Selain meta tag ada lagi yang sangat diperlukan agar templat user yaitu meta description kalau kalian belum tahu dan belum pernah menggunakan meta description kini saatnya kalian ketahui untuk melihatnya silahkan buka postingan : Cara Menggunakan Meta Description di Blogger. Meta description ini merupakan elemen penting sekali untuk mengetahui potongan relevansi judul blog dengan description yang berada di postingan kalian. jadi kalian harus sudah tahu tentang hal ini.

Selain meta tag untuk description dan keyword tidak kalah pentingnya yaitu meta robot dari webmaster, meta robot ini merupakan kode unik yang bisa di dapat jika kalian mendaftarkan blog kalian ke webmaster, kalau kalian belum menggunakan meta robot ini kalian bisa mendaftarkan blog kalian ke webmaster google atau webmaster bing semua panduan penempatan dan cara daftar bisa kalian lihat di tautan tersebut.
Seo Onpage : Data Struktur Pada Templat Blog User-blog kang miftah
selain meta tag tersebut diatas ada lagi yang harus kalian terapkan untuk membuat templat kalian user yaitu menggunakan BreadCrumbs, untuk menggunakan breadcrumbs sobat bisa membuka halaman pada tautan, sekang kalau sudah kalian terapkan semua dari hal meta dan juga breadcrumbs sebagai acuan struktur data pada templat kalian yang terakhir adalah menempatkan skema markup untuk menempatkan skema markup ini sobat harus edit templat, data struktur ini ditempatakan pada Header, Sidebar dan Footer.
untuk penempatan pada header cari kode <head>, kalau sudah menemukan kodenya silahkan ganti dengan kode dibawah ini
 <head itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WPheader'>
Yang kedua cari lagi kode yang berada di sidebar yaitu <aside id='sidebar-wrapper'>, kalau sudah menemukan kode diatas sekarang kalian ganti dengan :
<aside id='sidebar-wrapper' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WPSideBar'>
Yang terakhir pada footer, cari kode<footer id='footer-wrapper'>, kalau sudah menemukan silahkan kalian ganti dengan :
<footer id='footer-wrapper' itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/WPFooter'>
selesai.
untuk melihatnya kalian bisa cek seperti cara yang sudah saya jelaskan di atas, nah mungkin kalian bertanya untuk apakah hal ini dilakukan? jawabannya tidak lain adalah optimasi seo on-page, yang sudah kita kenal kalau seo onpage sangat perlu sekali, selain web atau blog kita mudah di crawling oleh spider bot alasan yang lain adalah untuk memproses lebih cepat lagi, kalau blog kalian tidak menempatkan struktur data yang baik maka spider bot mungkin hanya melihat beberapa artikel saja dalam blog kita, untuk itulah kenapa data struktur sangat diperlukan untuk mempercepat indeks robot bot. saya kira sudah cukup jelas kalau kalian masih bingung dengan apa yang saya sampaikan kalian bisa bertanya di papan komentar.

1 komentar: