Apa Saja Penyebab Listrik Boros? inilah Sebenarnya

Banyak yang mengatakan kalau listrik prabayar itu boros dan banyak juga kalau listrik prabyar irit alias hemat. nah untuk memahami kedua hal ini kita lihat dulu kompenen apa saja yang menyebabkan listrik prabayar anda boros. semua pasti ada sebab dan kibat. mungkin karena memang bawaan meterannya atau bahkan anda sendiri yang mungkin menggunakan listrik berlebihan. jadi mungkin artikel ini akan sedikit menjawab beberapa pertanyaan anda tentang listrik prabayar yang boros.

Apa Saja Penyebab Listrik Boros? inilah Sebenarnya-blog kang miftah
Penyebab listrik yang boros banyak sekali mulai instalasi, cara pemsangan instalasi, pemakain kabel listrik dan juga alat elektronik yang anda pakai. inilah beberapa sebab kemungkinan besar listrik anda boros.ingat..!!! standart pemasangan listrik bisa menyebabkan hemat listrik, berikut ini yang harus anda perhatikan sebelum mengatakan listrik anda boros:
Baca : Kenapa Pulsa Listrik Prabayar Cepat Habis


1. Kebocoran Pemasangan Instalasi

Kebocoran instalasi sangat memungkin sekali penyebab listrik anda boros. kebocoran instalasi ini terkadang dilakukan oleh teknik yang sembrono atau abal-abalan. tanpa melihat bahwa arus listrik itu sangat kuata atau tidak. biasanya kebocoran instalasi ini terdapat pada pola penyambungan yang kurang erat yang berada di terminal-terminal penyambungan. 

Untuk solusinya anda harus rela merevisi kembali semua sambungan instalasi. silah perkuat penyambungan instalasi berikut juga anda harus tutup dengan isolasi dengan erat agar kebocoran instalasi tidak akan terjadi lagi. biasanya peralatan yang dipakai untuk cek isolator PLN menggunakan alat yang dinamakan megger. 

2. Cek Kabel Yang anda Pakai

Kabel mempunyai efek yang sangat besar sekali dalam instalasi listrik sebagaimana yang sudah kita ketahui kalau kabel ini berperan sebagai konduktor atau penghantar listrik. pemasangan kabel yang sembrono atau abal-abalan tentu mempunyai dampak yang kurang baik, misalnya kalau dirumah anda masih menggunakan kabel serabut biasa yang anda beli dari lapak. ukuran tembaga dalam kabel serabu hanya sekian mili. yang tidak bisa menampung arus listri yang besar, akibat yang ditimbulkan banyak sekali tidak jarang kita lihat banyak terjadi kebakaran listrik yang disebabkan arus pendek salah satu penyebannya adalah kabel listrik yang masih menggunakan kabel serabut.

Solusinya ganti kabel yang anda pakai. perbarui semua kabel yang tidak mempunyai standart pemakaian. untuk melihat standart kable silahkan buka halaman beberapa jenis kabel listrik.

3. Cek Peralatan Elektronik yang Anda pakai

Penyebab borosnya listrik yang ketiga adalah peralatan rumah tangga yang dipakai terutama peralatan elektronik yang memakai elemen listrik contoh peralatan yang sering kita jumpai adalah setrika listrik, pemanas air dan masih banyak lagi. peralatan-peralatan ini menyebabkan boros listrik. silahkan anda cek di kwhmeter ketika anda menggunakan peralatan ini.

Solusinya pakailah peralatan-peralatan ini sewajarnya saja, dalam konteks kita manfaat kalau memang kita perlukan, jangan sampai kita memakai peralatan ini yang berlebihan yang mengakibatkan borosnya listrik. itulah beberapa penyebab listrik boros, jadi alahkan baiknya anda lakukan semua hal diatas, itu hanya saran saja. selebihnya terserah anda juga. semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang didera listrik prabayar yang boros. jangan lupa untuk membaca artikel tips menghemat listrik.

1 komentar:

  1. Anonim5/22/2015

    wah terima kasih infonya mas, bermanfaat nih supaya saya jadi lebih hemat dalam pemakaian listrik :)

    alat ukur listrik
    harga kabel listrik

    BalasHapus