Apakah Fungsi MCB dan Untuk Apa MCB

Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui barang mungil kecil ini dan biasanya benda satu ini di gunakan di bawah KWH meter listrik. yup namanya MCB atau Miniature Circuit Breaker namun kebanyakan orang lebih mengenal MCB saja, manfaat MCB banyak sekali selain untuk saklar MCB juga bisa digunakan untuk memutus arus listrik pada jenset. fungsi MCB hampir sama dengan sekreng hanya mungkin komponen yang di pakai tidaklah sama, banyak orang beranggapan kalau MCB merupakan alternatif dari box sekreng karena mereka mengira MCB merupakan alat modern pengganti sekreng, nah sekarang tahu gak fungsi dari MCB itu sendiri, kalau belum tahu baca terus tulisan ini.
Apakah Fungsi MCB dan Untuk Apa MCB-blog kang miftah

Fungsi MCB

MCB adalah alat yang digunakan untuk memutus dan menyambung arus listris sepertinya sama dengan saklar namun lebih detailnya MCB akan otomatis mati sendiri jika terjadi konsleting pada instalasi, karena komponen di dalam MCB yaitu bimetal bekerja dengan temperatur tinggi, jika kondisi temperatur bimetal ini panas maka secara otomatis MCB akan berhenti sendiri atau akan memutus arus listrik secara otomatis, hal inilah kenapa kita sering menjumpai jika terjadi konsleting maka MCB akan otomatis memutus arus.

MCB di pasarkan dengan bebas anda bisa membeli MCB sesuai ukuran yang anda butuhkan namun perlu anda perhatikan kualitas MCB karena banyak sekali berang tiruan, bukan perkara mahal dan murah namun perlu anda perhatikan dari logo SNI dan daya dari MCB tersebut. untuk pemakian normal biasa MCB yang dibutuhkan pun akan bervariatif berikut ini definisi standart pemakaian yang sering dilakukan oleh PLN
  1. Untuk Daya 450 Watt menggunakan MCB berkapasitas 2 Ampere
  2. Untuk Daya 900 Watt menggunakan MCB berkapasitas 4 Ampere
  3. Untuk Daya 1300 Watt menggunakan MCB berkapasitas 6 Ampere
  4. Untuk Daya 1800 Watt menggunakan MCB berkapasitas 8 Ampere
  5. Untuk Daya 2200 Watt menggunakan MCB berkapasitas 10 Ampere
  6. Untuk Daya 2600 Watt menggunakan MCB berkapasitas 12 Ampere.
Itulah standart PLN yang sering digunakan untuk KWH meter tertentu, semua tergantung kebutuhan dari pelanggan. dan MCB mempunyai jenis sendiri sendiri ada MCB untuk dua fasa dan tiga fasa namun lagi-lagi semua itu tergantung dari mereka mau menggunakan daya listrik berapa?

Untuk cara memasang MCB anda bisa baca artikel saya dulu yaitu Cara memasang MCB, namun umumnya jika di pakai di rumahan menggunakan box MCB atau lebih di kenal dengan nama pressto dengan box pressto ini maka MCB akan terlihat minimalis dan terkesan elegan. ada 4 tempat untuk satu box pressto namun semua bisa anda fungsikan jika memang anda membutuhkannya, semoga artikel bermanfaat dan semoga juga anda paham setelah anda membaca artikel fungsi dan apakah MCB?.

0 komentar:

Posting Komentar