Cara Menghilangkan Bias Pelangi Pada Televisi

Sebenarnya saya sudah lupa dengan teori elektronik yang pernah saya pelajari dulu namun untuk menjawab pertanyaan dari salah satu pengunjung blog kang miftah saya akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan bias pelangi pada televisi. sebenarnya kalau kita betul betul cermati sebelum kita melakukan hal ini lebih baik kita praktek-kan dulu teori berikut ini karena saya juga hampir lupa, namun kenyataannya dulu saya pernah mengatasi khasus televisi berwarna pelangi. dengan cara pindahkan televisi dari posisi semula, teori ini sudah saya lakukan dan nyatanya berhasil, namun ada juga yang tidak berhasil. semua itu hanyalah teori saja.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan bias pelangi pada Televisi dengan cara seperti di atas yaitu memindahkan Televisi, kemudian dengan menggeser warna pelangi dengan magnet dan yang terakhir reparasi pada PCB RGB ini merupakan alternatif terakhir, namun saya akan jelaskan dari praktek kedua dulu dengan cara menggunakan magnet, berikut ini cara yang harus sobat lakukan untuk menghilangkan bias pelangi pada tabung TV. sebenarnya ini permasalahannya pada tabung televisi saja tidak pada komponen perangkat TV, berikut caranya.
Cara Menghilangkan Bias Pelangi Pada Televisi-Blog kang miftah
  1. Pertama nyalakan Televisi anda.
  2. Dekatkan magnet yang bisa anda ambil dari magnet speaker atau magnet yang lainnya. kemudian dekatkan pada layar televisi yang terkena bias.
  3. Setelah anda lakukan sekarang matikan TV. kemudian hidupkan TV kembali.
Catatan Penting:
  • jika sudah anda lakukan seperti prektek di atas namun belum juga berhasil silahkan ulangi kembali.
  • Jangan melekatkan magnet pada tabung cukup dengan memberi jarak saja.
  • Silahkan lakukan hal di atas selama 30 detik.
  • Berhati-hatilah saat memegang magnet biasanya yang terjadi kalau tabung TV bocor magnet yang anda pegang akan tersengat listrik, untuk itu cara yang aman pakailah sarung tangan berbahan karet.
Cara di atas adalah cara yang paling umum di gunakan namun jika cara diatas tidak bisa menghilangkan bias pelangi pada televisi anda sebaiknya menggunakan cara tarakhir yaitu dengan membuka tutup belakang Televisi. cara ini biasanya cara paling efektif untuk menghilangkan bias disgnosis pada televisi. berikut ini caranya:
  1. Buka penutup belakang televisi.
  2. Anda akan melihat bentuk kerut pada tabung di sana anda melihat juga ada sebuah PCB RGB, kalau sudah melihat PCB tersebut silahkan lepas socket RGB.
  3. Setelah anda melepas socket RGB anda akan melihat kaki-kaki kecil di dalamnya yang berhubungan langsung dengan tabung TV, langkah selanjutnya silahkan panasi atau solder menggunakan timah pada kaki-kaki tabung tersebut.
  4. Setelah anda lakukan hal di atas tutup kembali TV anda, kemudian nyalakan maka televisi anda tidak akan ada lagi warna pelangi.
Catatan Penting:
  • Sebaiknya setelah anda melepas tutup belakang televisi anda konsleting dulu arus dari playback dengan body tunner. karena kalau anda langsung lepas PCB RGB kemungkinan besar tabung masih menyimpan sebagian arus listrik, arus ini sangat besar sekali hampir 470V jadi cara lebih aman konsletingkan saja.
Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bias pelangi pada televisi, sebelum anda melakukan pada langkah ketiga silahkan anda coba dulu tahap pertama dan kedua dan untuk cara ketiga sebaiknya panggil teknik elektronik jika anda ragu untuk melakukan cara ketiga dan untuk TV LCD, saya sendiri belum tahu caranya jadi harap untuk di maklumi. Semoga cara yang saya tulis ini bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar