Cara Menargetkan Pengunjung dari Indonesia

Tahukah sobat proritas utama dari mesin pencari adalah memberikan hasil pencarian yang akurat dan paling relevan serta berguna, dalam hal ini saya ingin memberikan tips bagaimana cara menargetkan pengunjung dari negara indonesia, target utama google adalah letak geografis dari situs tersebut. sebagai contoh blog kang miftah ini kemungkinan hasil yang akan sobat cari dengan menggunakan google.co.id dan google.com akan berbeda, karena google sudah menilai dari kata, bahasa dan dari mana situs ini di update serta untuk siapa situs ini di gunakan, itulah yang di namakan target pencarian. meskipun kita menargetkan situs untuk negara lain namun tetap kita menggunakan bahasa indonesia di hasil pencarian tetap saja untuk wilayah indonesia. karena seperti saya bilang google melihat bahasa yang kita pakai dan inilah namnnya relevan.

Lantas bagaimana caranya menargetkan Pengunjung dari Indonesia? banyak studi yang membahas untuk menarget situs kita di indonesia caranya adalah:

1. Menggunakan Konten Bahasa Indonesia

Dengan menggunakan bahasa kita sendiri yaitu bahasa indonesia google akan mengidex konten kita untuk di sajikan pada semua pengguna wilayah indonesia secara otomatis google akan mengarahkan ke blog kita bila kata kunci/keyword yang digunakan oleh pengunjung adalah bahasa indonesia.

2. Menggunakan Domain TLD Indonesia

Yang kedua adalah menggunakan domain TLD untuk mendatangkan pengunjung dari indonesia otomatis domain menjadi prioritas utama sobat bisa menggunakan domain yang sudah familier dan sudah di kenal di indonesia seperti co.id, web.id dll. Google secara otomatis akan menghubungkan hasil pencarian dan mengutamakan situs dengan domain TLD Indonesia pada halaman pertama bila kata kunci yang di gunakan oleh pengunjung adalah bahasa indonesia.

3. Hosting Dan Lokasi Server Di Indonesia

yang ketiga adalah menyewa hosting dan server berada di wilayah indonesia. dengan menggunakan server dan hosting indonesia google otomatis akan mengutamakan hasil pencarian alamat IP server dan alamat IP pengguna.

4. Menggunakan layanan Google Webmaster

Google secara terpisah menganjurkan untuk menentukan target wilayah yang akan kita bidik. biasanya hal ini di anjurkan bagi mereka yang menggunakan domain com. org. net dll untuk domain web.id, co.id tidak akan menjadi masalah google tetap memprioritaskan domain ini. untuk menggunakan layanan ini anda bisa buka di webmaster tool, dan kalau belum tahu caranya lihat pada gambar di bawah ini:
Cara Menargetkan Pengunjung dari Indonesia- blog kang miftah
untuk merubah tujuan atau target negara yang ingin kita pilih yaitu
  1. Login ke webmaster tool
  2. Klik icon gear kanan atas pilih menu setelan situs
  3. kemudian centang pada menu pengguna tujuan lalu pilih negara tujuan yang akan sobat targetkan
  4. kemudian simpan atau save.
Dengan menggunakan layanan webmaster google ini maka google akan menargetkan wilayah yang anda targetkan namun yang jelas tool ini berkerja hanya untuk mengirim data ke google tentang geografis bukan tentang bahasa. itulah cara-cara menargetkan pengunjung. semoga artikel ini bermanfaat buat sobat.

0 komentar:

Posting Komentar