Tips Menghemat Penggunaan Listrik Rumah Tangga

Banyak yang sudah di lakukan oleh pengguna listrik untuk berusaha menghemat dan efisien agar penggunaan listrik menjadi hemat serta ramah, langkah ini sudah lama sekali di kampanyekan oleh PLN sudah lama, namun dalam penerapannya masih saja pengguna listrik khususnya rumah tangga tidak memperhatikan hal ini, kendala ini kemungkinan ada 2 hal di antaranya adalah
1. Kemungkinan pengguna listrik seperti rumah tangga belum tahu bagaimana caranya menghemat energi listrik seminimal mungkin.
2. PLN tidak memberikan penyuluhan langsung atau berkampanye hemat daya kepada pengguna listrik yang akibatnya mereka tidak tahu bagaimana seharusnya menggunakan listrik yang baik dan efisien tentunya.
Tips Menghemat Penggunaan Listrik Rumah Tangga-blog kang miftah

Untuk menjawab kedua hal ini saya ingin berbagi tips bagaimana caranya menghemat listrik rumah tangga, apalagi hampir semua pengguna listrik di indonesia sudah terjangkau maka dari itu sudah selayaknya kita memperhatikan hal ini lebih detail dan lebih baik lagi. berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk menekan penggunaan listrik rumah tangga berlebihan:

1. Memakai Lampu Hemat Energi.
yang pertama adalah menggunakan lampu hemat energi yang sudah tersedia di toko-toko listrik, jadi kalau anda masih menggunakan lampu balon sebaiknya anda rubah menggunakan lampu hemat energi agar penggunaan listrik rumah bisa hemat. anda bisa mengunakan lampu CFL atau LED yang sudah terbukti hematnya.

2. Matikan Peralatan Listrik Tidak Terpakai.
matikan semua peralatan listrik yang tidak anda pakai, misalnya cabut stop kontak pada TV atau mematikan AC saat anda keluar rumah, hal ini sangat di sarankan agar tidak boros saat menggunakan listrik.

3. Gunakan Daya Listrik Lebih Efisien.
Jika anda salah satu ibu rumah tangga tentu saja anda sering menggunakan setrika untuk hal ini agar penggunaan listrik bisa efisien alangkah baiknya anda menyetrika sekaligus banyak dari pada anda menyetrika setiap hari,  di karena daya listrik pada setrika menggunakan daya ekstra untuk mendapatakan panas dari listrik.
Kemudian mesin cuci kalau anda ingin menggunakan mesin cuci ada baiknya anda harus memperhatikan berapa potong pakaian yang ingin anda cuci karena jika anda menggunakan misalnya 6 potong pakaian itu termasuk boros listrik karena hampir sama kemanfaatannya jika anda mencuci dengan 10 potong pakaian, untuk itu anda harus memperhatikan hal ini agar penggunaan listrik anda bisa efisien.

4. Pilih Peralatan Rumah Tangga Hemat Energi
Pilih produk rumah tangga yang ramah energi dan tidak boros, seperti TV, kulkas (lemari es), dispenser dan banyak lagi.

5. Gunakan Tangki Air.
Sebaiknya pompa air jangan di gunakan sesering mungkin untuk itu ada baiknya anda menggunakan Tangkin penampung air untuk menghemat listrik. dengan menggunakan tangki air anda bisa menghemat listrik lebih banyak ketimbang anda sering menggunakan pompa air langsung.
Itulah 5 cara agar penggunaan listrik lebih hemat, semua ini bisa anda lakukan dengan mudah tanpa harus membayar mahal. semoga tips hemat listrik ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar